Senin, 26 Agustus 2013

Bendera Indonesia-Metallica. Bangga atau Malu?

Sudah lihat foto ternayar tentang bendera merah putih bertuliskan lambang metallica? Dalam konser teranyarnya, band legendaris asal Amerika yang sukses di era 80-an ini sukses menampilkan konser megah yang memukau hampir 60.000 penonton rakyat Indonesia. Di stadion Gelora Bung Karno, Metallica membawakan lagu selama 2,5 jam yang diakhiri dengan lagu Seek and Destroy.

Di penghujung konsernya, Metallica berfoto dengan bendera bangsa kita. Bendera merah putih. Namun ada sedikit yang berbeda, yup.. Ditengah antara batas warna putih dan merah terdapat tulisan logo band ini. Entah apa motivasinya, tapi jelas itu sebuah penghinaan. Itu pendeskreditan atas bendera bangsa kita. Dan mirisnya, hal ini justru menjadi hal yang membanggakan bagi para penonton. Apa yang mereka pikirkan? Apa jasa Metallica atas merdekanya bangsa ini? Sampai-sampai bisa dengan seenaknya menuliskan lambangnya di bendera kebangsaan kita.

Di UU 24 Tahun 2009, jelas dikatakan bagaimana seharusnya bendera merah putih itu diperlakukan. Kotor saja tidak boleh, apalagi dicorat-coret seenaknya saja? Pengibar bendera merah putih nasional saja berlatih hampir 5 bulan untuk dapat mengibarkannya. Dengan segala sumpah dan risiko yang diambil (bahkan yang terburuknya dibunuh, diasingkan, dll) menjadi momok dan penghormatan setinggi langit pada bendera kebangsaan kita.

Apasih yang bangsa ini pikirkan? Sudah habiskah rasa nasionalisme bangsa ini? Bukannya aku sok nasionalis. Tapi lucu saja bangga pada hal yang jelas-jelas mencoreng besar bangsa kita ini. Muak aku dengan sikap inferior beberapa rakyat kita ini. Yang jelas, aparat dan pejabat seharunysa mengambil sikap, terutama pimpinan negara yang mengaku pembela bangsa kita di mata dunia. Nilai rupiah yang terjun bebas, bahkan terburuk dalam 10 tahun terakhir membuat kita semakin tercoreng di kancah dunia. Tunjukkan bahwa kita bukan bangsa yang inferior, bangga akan bangsa kita ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar